Rabu, 24 Oktober 2018

My Super Mom


Assalamualaikum!!

aku dan mamaku tersayang

Setiap orang pasti mempunyai super mom, yang pastinya super mom dari masing-masing kita adalah ibu kita sendiri, menurutku..hehe

Tulisan ini berawal dari rasa menyerahku akan menjadi seorang guru,akhir-akhir ini rasanya sangat melelahkan padahal aku tidak banyak bekerja. Keseharianku di rumah yaitu mencuci baju pada pukul 04.00 kadang pukul 03.00 pokonya sebelum bayi bangun aku harus sudah selesai mencuci, kemudian tugasku yang selanjutnya yaitu menyapu dan merapihkan rumah so.. pasti bayi udah bangun jadi beberes rumahnya membutuhkan waktu lumayan lama, setelah itu sarapan, ngejemur baju, berangkat ke sekolah.

Selama saya di sekolah bayi dititipkan ke mamah sama bapak atau siapa saja yang ada di rumah, hmm pastinya dosa banget lah ya tapi untuk saat ini mau gimana lagi, kalau nyewa pengasuh mau dibayar pake apa, lah gaji aku mengajar lebih kecil dibanding membayar jasa pengasuh dari pada gitu mending aku gak ngajar aja, tapi pas aku bilang gk akan ngajar lagi, orangtua sangat menyayangkan keputusan itu. Aduh jadinya maju kena mundur kena. 


Pulang sekolah ya waktunya jagain bayi, kalau bayi nya tidur aku juga malah ikut tidur, seharusnya aku mengerjakan pekerjaan lainnya, misalnya nulis blog, nyetrika baju atau yang lainnya, pengennya sih begitu tapi apalah daya, bayiku kalau tidur siang pasti sebentar, bisa tidur lama kalau akunya ikut tidur..duh aduh, terkadang suka kesel sama bayi tuh tapi ya aku tau dia nempel terus karena tau dari pagi dia aku tinggal ke sekolah.

Bayi baru bisa tidur ba’da maghrib/ ba’da isya dan terkadang akupun ikut tertidur juga,baru bangun pas pukul 21.00 atau pukul 23.00 nah baru lah jam segitu bisa tenang buat nulis blog atau nyiapin administrasi sekolah. 

Maaf ya prolognya terlalu panjang, tapi itulah kenyataannya tentang keseharianku yang belum bisa aku manage sebaik mungkin sehingga membuatku berpikir, mungkin kalau aku gak ngajar bisa punya banyak waktu luang.

mamah with cantik

Nah pada tulisan kali ini saya akan menceritakan my super mom, yaitu mamahku sendiri, karena dari semenjak lahir sampai hari inipun aku rasa mamah lah yang selalu menolongku. Walaupun terkadang aku sendiri yang selalu menganggap mamah itu kejam karena nyuruh aku nyetrika pagi-pagi sekitar pukul 01.00 atau pukul 02.00 ya kata mamah mumpung dedenya bobo.Tapi tips itulah yang sangat jitu untuk menyelasaikan masalah tentang bab setrikaan.hehe

Berawal dari ucapan mamah “nya ari boga budak leutik mah kudu daek nyetrika atau gagawe ti peuting”, yang artinya “ya..kalau punya anak kecil mah harus mau nyetrika atau kerja malem-malem”, dari perkataan itu saat diri ini belum sadar aku rasa mamah kejam banget, aku tuh capek mah, siang ngajar sama ngurus bayi masa malem waktunya istirahat harus kerja juga, wajar aja sih mamah bisa ngomong gitu karena mamah mah gak ngearasain capeknya ngajar, pikirku waktu itu.

Tapi setelah diri ini sadar dan mulai berpikir, ingatanku mulai kembali ke masa kecil, dulu waktu aku kecil pas seumuran kelas 1 SD, mamah tuh jualan mi ayam alhamdulillah saking larisnya setiap hari bisa menghabiskan mi sebanyak 5kg jualan es jeruk dan es kelapa, punya 2 anak perempuan yang masih kecil yaitu aku dan kakak ku, kebayangkan ngurusin jualan mi ayam aja harus bikin pangsitnya, masak ayam kecapnya sekatel besar banget, belum nyuci baju aku, kakak ku dan ayahku, belum kerjaan nyetrika baju, beberes rumah, belanja ke pasar setiap pagi, itu semua mamah yang kerjakan tanpa bantuan bapak karena waktu itu bapak hanyalah supir angkot yang harus sudah berangkat sejak pukul 05.00, pokoknya seingatku bapak jarang bantuin mamah.
 
mamah dan akusebelum mengenal lip cream.wkwkwk

Dari situ aku mulai berpikir, meskipun dulu pekerjaan mamah bukan megajar tapi hanya pedagang makanan tapi mamah bisa menyelesaikan pekerjaan rumah dan pekerjaan unrtuk menyiapkan dagangan tanpa bantuan siapapun, kebayang banget gimana dulu capeknya mamah, oh mamah betapa pemalasnya aku ini. Yang kerjaannya cuman mengajar aja udah bilang capek. Dan menganggap semua saran dari mamah itu kejam.

Sekarang akau paham, mamah sangat sayang kepadaku, mamah ingin aku tidak berleha-leha di usia muda dan menjadi pemalas, dan aku juga tau kenapa mamah ingin aku tetap mengajar, ya supaya aku mempunyai pekerjaan yang lebih tinggi lagi dibanding mamah. Aku sedih ketika mendengar cerita mamah, yang ketika ingin daftar untuk melanjutkan pendidikan ke SGO (Sekolah Guru Olahraga) pada saat itu sudah ditutup, dan mamah bilang kalaupun masih buka pasti umi (ibunya mamah/ nenekku) pasti tidak akan mengijinkannya untuk bersekolah karena tidak ingin membiayai mamah sekolah lagi karena aku tahu pada zaman dulu perekonomiannya sangatlah susah.
 
nenek ku
Alahmdulillah berarti aku sangat beruntung karena dilahirkan di keluarga yang memprioritaskan pendidikan dan memiliki kamampuan keuangan untuk membiayai aku sekolah.I love you mamah, maafkan aku yang sampai saat ini masih merepotkan mu, semoga mamah sama bapak dipanjangkan usianya dalam ketaatan kepada allah, sehat selalu, Aaamiin Ya Mujibassailiin.
 
Usaha memang tidak akan menghianati hasilnya, terbukti saat ini mamah bukanlah seorang pedagang mi ayam lagi, mamah sama bapak bisa membangun rumah yang sudah saya tempati selama 14 tahun, alhamdulillah sudah bisa menunaikan rukun islam yang ke lima dan membelikan rumah untuk anak-anaknya.


Pekerjaan mamah yang sekarang tidak serumit ketika berjualan mi ayam, pekerjaan mamah yang sekarang hanya setiap sabtu dan minggu, terkadang setiap pulang selalu membawa banyak makanan, dan penghasilannya bisa mencapai Rp. 2jt setiap minggunya.Alhamdulillah barokallahu lakuma.

Terima kasih banyak mamah dan bapak, yang sudah menunaikan kewajiban sebagai orangtua kepada anak-anaknya, maafkan aku jika kewajibanku sebagai anak terhadap kalian belum aku tunaikan, terima kasih juga atas pelajaran hidup yang banyak sekali bisa aku ambil dari kalian berdua. I love you mamah, i love you bapak.


Semoga aku bisa segera dan selalu membahagiakan mamah dan bapak..aamiiiin
Inshaallah aku tidak akan pernah menyerah lagi dalam menjalani profesi sebagai guru, semoga aku bisa menjadi guru yang amanah, berprestasi dan profesional. aamiiin

Jumat, 12 Oktober 2018

Pengalaman Mengikuti Daftar Online CPNS


Assalamualaikum semuanya



Aduh ngerasa bersalah banget gak bisa setor tugas OWOP bulan Oktober diminggu pertama, soalnya kebetulan suami lagi pulang, dan biasanya saya menulis blog pada jam-jam menjelang tengah malam, jadi ketika ada pak suami gak berani begadang nyampe jam biasanya, soalnya pasti disuruh tidur.hehe

Kebetulan minggu kemarin juga lagi campur aduk perasaan sama pikiran tuh  tentang masalah yg lagi booming saat ini, yaitu daftar CPNS.teman-teman da yang ikutan daftar juga?

*Toss* kalau sama.hehe

Jadi mulai tanggal 26 September 2018 sampai tanggal 15 Oktober 2018, Badan Kepegawaian Negara (BKN) mulai membuka proses pendaftaran seleksi cpns 2018 yang dilakukan secara terpusat pada portal Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN)  di http:sscn.bkn.go.id. Jadi alur registrasinya tidak lagi dilakukan melalui laman isntansi atau kementerian/lembaga terkait, semuanya dipusatkan di SSCN.

Nah galaunya, sebenernya takut banget mau daftar CPNS tuh, takutnya gak lolos..hehe dan awalnya memang ngerasa blm ada niat karena belum banyak persiapan dan bellum banyak tau info tentang  CPNS. Hingga akhirnya mau daftar CPNS tuh karena mamah, apa, pak suami, mamah mertua sama kakak ipar laki-laki menayrankan agar aku ikut CPNS.

Kalau kakak ipar dari semenjak bulan haji dia mengirimi saya file tetang tata cara pendaftaran CPNS yang beliau dapatkan dari seorang kepela sekolah yang sedang melaksanakan ibadah haji satu kelompok dengan mamh mertua dan kakak ipar.

Ya setelah dipikirkan kalau aku gak daftar ya mana mungkin aku tau aku lolos atau enggak..hehe dan ya dengan modal untuk memenuhi keinginan mereka semua saya memberanikan diri untuk ikut daftar CPNS. 

Ternyata sangat mudah sekali untuk proses pendaftarannya, adapun kalau loading ataupun sampai eror berarti emang lagi banyak  yg buka situs itu, makanya biar gak lola, cari waktu yang memang orang gak banyak buka situs itu, pertama nyoba buka jam 3 pagi dan ternyata gagal  terus, akhirnyaa ngatur strategi bareng pak suami biar dibangunin jam 2 pagi.

Dari jam 1 kami sudah bangun, dan melakukan qiyamul lail, setelahnya seketar pukul 2  barulah mulai mendaftar. Untuk membuat akun kita hanya perlu memilih formasi (umum, khusus / anak papua), kemudian memasukkan NIK dan No KK serta mengupload pas foto yang ukurannya dibawah 200 kb, nah yang pas upload foto ini nih yang menjadi kendala dan bikin pusing soalnya rata2 foto yang aku punya ukurannya di atas 1 mb,weleh-weleh.

 Akhirnya langsung googling “cara mengecilkan ukuran foto” alhamdulillah ditemukanlah caranya setelah ngulik cukup lama alhamdulillah fotonya bisa diperkecil ukurannya, walaupun hasilnya ya jadi aneh juga hehe

Tahap 1 swafoto



Setelah berhasil langsung bisa print kartu yang aku simpan dulu karena gak bisa lanjut ke proses selanjutnya kalau belum upload swa foto.

Keesokan harinya setelah print kartu pendaftaran langsung swafoto, swafoto adalah berfoto dambil memegang ktp dan kartu pendaftaran awal. Karena kedua tangan memgang kartu akhirnya swafotonya  difotoin sama paksu..hmm nyampe berkali-kali,wkwkw. soalnya ngerasa kurang bagus terus difotoin sama paksu mah gak tau karena ngerasa geer aku nya..hehe.

Setelah dapet foto yang lumayan bagus cuss di upload. Lalu baru bisa klik tombol selanjutnya yang berada di paling bawah laman.

Tahap 2 BIODATA


Untuk biodata, kita tinggal melengkapi data Alamat Domisili (*termasuk kelurahan dan kecamatan maksimum 100 karakter),  Provinsi, Kab/Kota,Tinggi Badan, Status perkawinan, Agama, No Telepon, No Ponsel dan Akun Media Sosial (Fb dan IG).
Duh-aduh harus input akun medsos segala,hehe. Yang namanya medsosnya alay-alay pasti langsung pada diganti deh..hehe. 

Tahap 3 Formasi

Pada tahap ini aku rasa merupakan tahap yang bikin deg deg ser,,hehe..soalnya aku belum kepikiran mau ngambil formasi apa, karena kalau di pemerintah kabupaten sukabumi tidak ada lowongan untuk Guru Madrasah Ibtidaiyah adanya hanya untuk Guru SD yang penempatannya lumayan untuk di daerah-daerah pelosok, jadi pas mikir kata pelosok anchornya langsung ke susah sinyal dan nanti pasti bakal kudet dan gak bakal bisa nulis blog lagi.hehe


Akhirnya iseng-iseng milih instansinya di “Kementerian Agama” soalnya aku udah punya NPK (No Pegawai Kemenag) yang membuatku PD memilih instansi itu, jenis formasinya yang pasti umum, dan jabatan yang tersedia sesuai  kulifikasi prndidikan aku hanya “Guru Kelas Ahli Pertama”. 


Terus  pas lihat  lokasi formasinya aku memilih di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat aja meskipun lowongannya hanya untuk 50 orang, tadinya kepikiran mau milih di Aceh aja yang lowongannya hampir 300 an, tapi rasanya belum berani untuk tinggal di wilayah yang bukan Suku Sunda hehe (pd aja kayak yang mau lolos aja..hehe..aamiin) 

Tahap 4 Dokumen


Nah dari awal sempet galau buat daftar CPNS tuh ya karena tahap yang ini, soalnya menurutku tahap ini lah yang paling ribet karena harus scan dan merubah dokumen ke bentuk pdf yang ukurannya 200 kb supaya bisa diupload.


Beruntungnya di Kementerian Agama dokumen yang di upload hanya foto yang sudah terupload pas daftar awal  dan foto fotokopi KTP aja, adapun dokumen penting lainnya seperti ijazah pendidikan terakhir, transkip nilai dan lainnya di kirim ke lokasi yang sudah kita pilih.

Tahap 5 Resume


Setelah selesai upload Dokumen, finally kita nyampe ditahap akhir yang hanya perlu kita baca saja apa yang sudah kita isikan dan formasi yang sudah kita pilih di tahap-tahap sebelumnya, dan setelah baca resumnya tinggal klik tombol yang paling bawah yang menandakan kalau kita sudah selesai mendaftar, jadi kalau udah klik tombol itu gak bisa lagi gonta ganti formasi, karena satu orang hanya bisa satu kali daftar.Jleb.



Untuk di kementerian agama, setelah lolos seleksi administrasi (dokumen yang disyaratkan) maka wajib mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan sistem CAT (Compuet Assisted Test) yang terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) , kemdian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang terdiri dari Tes Praktik Kerja,Psikotes dan wawancara.

Nah itu pengalamanku mengikuti daftar online CPNS, hehe. Doakan ya biar lolos CPNS nya. Aaamiin Ya Mujibassailiin.
bagi teman-teman yang mau daftar yuuk mumpung masih ada waktu.

My Super Mom

Assalamualaikum!! aku dan mamaku tersayang Setiap orang pasti mempunyai super mom, yang pastinya super mom dari masing-masin...