Jumat, 09 Maret 2018

Penyemangat Hidup Di Tahun 2017-2018




Sebagai seorang guru yang belum profesional, saya mencoba mempelajari karakter setiap anak didik saya. Dan alhamdulillah, pada tahun pelajaran 2017-2018, saya mendapat amanah untuk menjadi wali kelas 3 dengan jumlah murid 22 orang yang terdiri dari 15 orang anak perempuan dan 7 orang anak laki-laki, kelas yang didominasi oleh kaum hawa.hehe 

Pada kesempatan kali ini, saya akan menceritakan tentang anak didik saya , dengan tujuan supaya suatu hari nanti ketika saya telah menjadi tua,sudah pensiun dari mengajar,  saya bisa  tetap mengingat kembali anak didik saya. Berikut opini saya tentang anak didik saya yang sudah menjalani hari bersama saya di sekolah: 

1.      Dewi Ahyani

Waktu pertama mengabsen nama  anak ini langsung  ketawa  geli dalam hati, ko bisa ya anak ini dikasih nama putri tidur,hehe. Aneh-aneh aja orangtuanya. Padahal saya sendiri yang  salah paham, karena mindset saya ketika baca kata “ahyani” langsung ingat ke do’a mau tidur jadi spontan pada  waktu itu otak saya langsung mengartikan putri tidur,hehe (efek diri ini dapet julukan tukang tidur)hehe. Padahal ahyani itu artinyakan “hidupku” jadi pendapat saya kenapa orangtuanya memberikan nama Dewi Ahyani, karena pastinya anak ini dianggap putri yang sangat berarti dalam kehidupan mereka sebagai orangtuanya.

2.      Dinda Puspita Maharani

Dinda ini adalah anak yang paling caper (cari perhatian)  ketika di kelas, usut punya usut ternyata karena kurang perhatian dari kedua orangtuanya di rumah, jadi  ketika dia di sekolah bisa dibilang caper  bin alay sukanya nempel banget sama saya, ketika mood belajarnya lagi bagus dia suka deket-deket bahkan sampai meluk-meluk saya,hehe. Tapi pas mood belajarnya gak bagus karena saya lebih perhatian ke anak yang lain, dia suka tantrum, mogok belajar atau  nulis di kertas kata-kata yang sedikit membuatku kesal, seperti :  “bumil = ibu gemil, bu mila ibu donat” ya kesal campur geli-geli gimana gitu pas baca “ibu donat”  *dalam hati* ini anak ngasih kode keras supaya ibu gurunya jadi langsing. Hahaha

3.      Diyana Adya Risa


Diantara anak yang lain, hanya anak ini yang kebiasaanya sama  seperti saya, yaitu rajin berkunjung ke instagram, karena anak ini yang paling sering menghubungi saya lewat DM, duh duh duh awalnya ngerasa risih banget tapi lama kelamaan kasian juga si karena rajin nge DM tapi jarang saya balas. Akhirnya atas dasar rasa kasihan itu dan menghargai kegigihan dalam hal ngeDM meskipun sering dikacangin atau didiemin tapi dia gak pernah kapok , akhirnya sesekali saya  balas.
Diyana juga sama sepertin saya, yaitu cat lovers, sehingga anak inilah yang paling kepo dengan kabar kucing-kucing saya di rumah.hehe

4.      Hilda Nur Fadilah

Kalau anak ini, anak yang selalu bikin saya terhibur, perawakannya yang mungil   diantara teman sekelasnya, wajahnya chuby-chuby menggemaskan ditambah perkataan spontannya  yang nge-joke abis, awesome lah anak ini. Setiap kali saya melihat wajahnya, pastinya sukses membuatku jadi senyum-senyum sendiri. Terima kasih ya nak.

5.      Hilma Pahroziah

Sicantik yang bongsor badannya ini, termasuk anak yang kalem, penyabar dan tidak pernah marah, itu karena setiap dia marah suaranya kecil, sehingga anak-anak yang lain malah mentertawakan suaranya. Saya sendiripun ingin tertawa setiap kali mendengar anak ini berbicara. Maafkan ibu ya nak. Hehe

6.      Laika Novia Sari

Si  imut manis yang satu ini, usianya masih sangat kecil untuk  anak usia kelas tiga, jadi kalaupun di kelas dia masih bisa dibilang anak bawang, perlu bimingan lebih dalam hal pemahaman belajarnya  tapi semangat belajarnya sangat tinggi, dan  kebiasaanya ketika bisa ngobrol langsung dengan saya pasti ngebrudul cerita tentang pengalaman pribadinya. Terkadang ingin bilang langsung ke anaknya “perasaan ibu gak nanya deh” hehe (duh sadis bener ya saya, kalau sampai bilang gitu). Piis.

7.      M. Hizran Rivansyah



Anak laki-laki yang satu ini, anak yang kalem  dan mandiri, sudah  pasti  karena pembiasaan dari orangtuanya  di rumah yang baik, dan memang ketika  saya melihat story di WA mamhnya ternyata anak ini sedang belajar memasak. Good job nak. Terus lanjutkan ya sayang. 

8.      M. Mugni Azka Mubarok

Menurut saya, anak ini anak yang paling ganteng di kelas, hehe. Anaknya baik dan sopan namun entah kenapa terkadang anak ini sering menyendiri karena teman-temannya yang laki-laki  menjauhinya. Nah masih menjadi PR untuk saya kenapa teman-teman laki-lakinya menjauhinya.

9.      M. Fazri Januar


Meskipun dia ini anak laki-laki, tapi anak ini anak yang paling gemulai kalau di kelas, ketika jam istirahat tiba, pasti kumpulnya bareng anak perempuan. Oke lah, nak mungkin kamu tipe anak yang suka kedamaian, anti rusuh dan sebagainya..hehe

10.  M. Jihad AL-Anshori

Menurut saya anak ini adalah anak yang paling unik, itu karena ketika saya tanya suka mainan robot-robotan atau mobil-mobilan, anak ini menjawab tidak keduanya.hehe

Ternyata anak ini lebih menyukai permainan tradisional dan anak ini sangat suka memakan buah-buahan, setahu saya biasanya anak-anak paling susah kalau diminta makan buah dan sayur, tapi anak ini suka banget sama buah-buahan. Kalau ditanya mending beli mainan atau buah, ya pasti jawabannya mending beli buah.hehe..Siip deh nak.

11.  Melda Khairunnisa

Saya sangat suka sekali dengan anak ini, selain cantik, baik, penyabar, dia juga pintar. Anak ini termasuk salah satu anak yang menjadi murid yang diidam-idamkan oleh semua guru.Hehe

Masih ada 11 anak lagi yang beragam karakternya, biar makin penasaran, disambung dibacaan selanjutnya ya.
Adakah saran atau solusi untuk menghadapi anak didik saya yang memiliki keunikan tersendiri?

Ditunggu komentarnya ya. Hehe

1 komentar:

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, Ambil yang baiknya dan abaikan yang tidak baiknya :)
Dan silahkan berikan komentar yang baik dan positif ya sebagai bahan perbaikan. :)

My Super Mom

Assalamualaikum!! aku dan mamaku tersayang Setiap orang pasti mempunyai super mom, yang pastinya super mom dari masing-masin...