Senin, 09 Oktober 2017

Pengalaman Pertama USG Kehamilan







Assalamualaikum semuanya...

Pada hari ini saya akan menceritakan pengalaman saya ketika melakukan USG Kehamilan.
Sebelum hamil, saya memang pernah 2 kali melakukan USG.

         USG pertama ketika saya kelas 8 Mts sekitar tahun 2008, waktu itu keluhannya karena penyakit maag saya yang dirasa sudah terlalu parah.

USG kedua ketika saya berumur 19 tahun, ketika itu saya melakukan USG sebagai antisipasi dini karena ada benjolan di payudara sebelah kiri, tapi alhamdulillah itu bukan benjolan yang mengarah ke kangker payudara.

USG itu apa sih??

USG itu sendiri secara bahasa merupakan kepanjangan kata dari Ultrasonografi atau bisa disebut juga sonogram.

         Nah USG ini pada awal mulanya dikembangkan selama Perang dunia II untuk mendeteksi kapal selam musuh. Nah loh.. ternayata ...hihi

Jadi jaman dulu untuk melihat keadaan bayi dalam rahim, harus menggunakan sinar X yang kini telah diketahui bahwa sinar X itu ternyata berbahaya, sehingga USG lah yang digunakan pada saat ini untuk masalah teknik diagnostik.

USG menggunakan gelombang suara untuk membuat gambar dua dimensi- bahkan sekarang sudah ada USG yang mengahasilkan gambar empat dimensi dari bayi untuk dilihat oleh dokter, bidan atau ibu.

Emang kalau hamil wajib di USG??

Kalau menurut pendapatku, USG ini wajib dilakukan minimalnya dua kali ya, yaitu ketika usia kandungan menginjak 20 minggu supaya kita tau apakah kehamilan kita ini normal, atau malah termasuk kehamilan ektopik atau ada kelainan lainnya. Jadi kalau udah di USG pada usia ini jika terjadi ada kelainan bisa langsung ditindak lanjut mumpung masih dini.

Nah yang kedua kalinya mungkin ketika usia kandungan mulai mendekati akhir-akhir masa kehamilan, manfaatnya supaya kita tahu posisi terakhir janin kita apakah sudah tepat untuk proses persalinan.

Beruntung kalau misalnya setiap periksa bisa di USG, tapi ya tidak semua orang memiliki biaya untuk USG ya.

Dan ada juga pendapat yang melemahkan kita untuk tidak melakukan USG, misalnya “ngapain di USG, mau sok tau dari Allah ya”

Tapi aku sih niat melakukan USG bukan karena ingin tau jenis kelamin bayi saja ya, karena pada dasarnya dilakukan USG supaya kita tau, berat badan bayinya cukup atau tidak atau apakah perkembangan janin kita seusai dengan masa nya, atau malah ada kelainan, adapun kita bisa jadi tau tentang jenis kelamin bayi itu bonus ya atau suatu keberuntungan ya, karena terkadang suka salah prediksi  ketika diperiksa dan ketika waktu lahir, atau janin nya yang sengaja tidak mau menampakkan jenis kelaminnya, intinya tidak ada yang bisa melebihi kekuasaan Allah, tapi selama kita berikhtiar, Allah juga membolehkan ya..

Pengalaman aku di USG kehamilan

 Waktu itu saya melakukan USG kehamilan ketika usia kandungan 20 minggu, dengan ditemani suami, saya melakukan USG di tempat prakteknya dr. Nila Kusuma, Sp.OG.
Ketikamasuk ruangan USG sayangnya tidak diperbolehkan untuk memfoto atau memvideo proses USG, jadi saya dan suami hanya melihat ke monitor tanpa bisa merekamnya.

Ketika melihat janin yang sedang bergerak-gerak di monitor, saya merasa terharu dan baru bisa percaya ternyata memang benar di rahim saya ada janin yang sedang bertumbuh. Selama ini aku selalu ada tanda tanya besar “emang bener ya aku ini hamil, ko perutnya gak besar-besar” hehe kalau diinget-inget sekarang..emang bisa ya hamil baru 2 bulan perutnya langsung besar...hehe *norakbanget*
Nah setelah USG itu aku makin percaya diri dan berniat akan menjaga janin dalam rahim ini dengan sebaik-baiknya. Sebagai rasa syukur kepada Allah SWT, karena telah mempercayaiku untuk bisa hamil.

Biaya USG berapa sih?

Nah pastinya kalau masalah biaya, di setiap tempat berbeda-beda ya..kalau aku yang tinggal di kabupaten dan bukan di kota besar, haragnya lebih murah ya..

Misalnya kalau USG di PUSKESMAS cukup 50k tapi fotonya tidak dicetak.. Kalau USG di dokter Nila waktu itu 130k dapet print fotonya tapi harga segitu tanpa obat ya karena aku sudah dapet obat dari bidan. Kalau di dokter Hendrawan baiayanya sekita 250k udah termasuk print foto tapi tanpa obat.
Mungkin di kota besar pasti harganya lebih mahal dar itu ya.. biasanya kalau ada yang murah dan bisa dapet print foto nya biasanya kualitas gambarnya kurang bagus sih.hehe
Nah kalau USG 4 dimensi biayanya mulai 700k ke atas.

Nah mungkin segitu dulu ya ceritanya.
Intinya USG atau tidak tergantung kepercayaan masing-masing ya.

15 komentar:

  1. Akhh tteh.. knpa ayu jd senyum senyum sndri baca tulisan tth ya? Perasan haru ad mahluk yg kita lindungim ddlem bdan kita itu ajaib bgt

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba..pokonya rasa bahagianya tuh bener-bener beda pas tau ada bayi dalam rahim kita..

      Hapus
  2. Iyaa.. USG penting. Dulu gak begitu ingin tau jenis kelamin anak dulu. Tapi.. gak di tanya juga dokternya langsung ngasih tau. Xixiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. dokternya ngerti banget dong gtu mah..waktu aku ..pas aku nanya baru dijawab..kalau aku gak nanya dokternya cuek aja gak ngasih tau

      Hapus
  3. Wah ilmu banget nih buat aku yang masih menanti, jadi bisa prepare biaya sedari sekarang dan tau kenapa harus USG, Makasih teh Milaaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya teh..semoga bisa segera punya momongan ya teh, aamiin

      Hapus
  4. Ternyata memang penting ya di USG teh, bukan hanya untuk liat jenis kelamin anak saja, tapi juga bisa liat kondisi anak ya teh, semoga tetap sehat selalu teh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya teh..penting banget, soalnya kan rahim itu di dalem jadi gak bisa terlihat langsung kalau ada luka atau apapun itu jadiya harus di USG biar lebih jelasnya..aamiin ya mujibassailiin..makasi ya atas do'anya teh

      Hapus
  5. aku di usg tiap bulan teh mila..karena kondisi flek itu..alhamdulillaahnya disini murah teh..kalau ke klinik usg doang 75K print, di bidan 30K ga di print karena alatnya beda sama yang punya dokter, trus di rsud 30K print diluar biaya pendaftaran.

    sini aja periksanya teh..hehe

    sudah coba pakai bpjs belum teh? lumayan selain buat check up, bisa juga buat jaga-jaga persalinan

    apalagi masuk trimester3 itu biasanya lebih sering usg, apalagi kalau udah deket-deket hpl.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah murah banget atuh teh fau..pengen banget di usg di sana..hehe
      alhamdulillah sudah ada bpjs tapi kalau periksa kandungan jarang pake bpjs sih..
      iya ya teh.. trimester ke 3 mah harus lebih sering ya

      Hapus
  6. Usg salah satu momen yg paling ditunggu pas hamil. Luar biasa melihat kehidupan di rahim kita

    BalasHapus
  7. Saya kalau hamil juga selalu menantikan saat saat USG, bisa lihat perkembanganya. Subhanalloh ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba itha..usg itu yang ditunggu-tunggu banget

      Hapus
  8. Aku masih ada ni foto usg pas kifah di dalem peyut dulu, lucuuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi..kalau sekarang foto usgnya udah pernah diliatin belum teh ke kifahnya??
      kayaknya lucu deh tanggepannya..hehe

      Hapus

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, Ambil yang baiknya dan abaikan yang tidak baiknya :)
Dan silahkan berikan komentar yang baik dan positif ya sebagai bahan perbaikan. :)

My Super Mom

Assalamualaikum!! aku dan mamaku tersayang Setiap orang pasti mempunyai super mom, yang pastinya super mom dari masing-masin...