Minggu, 08 Oktober 2017

Keluhan-keluhan Saat Hamil (Part 1)


Assalamualaikum 

Hai semuanya...
Kali ini aku akan menceritakan sebagian pengalaman selama masa kehamilan..
Alhamdulillah di usia yang ke 23 tahun ini, Allah sudah memberiku kepercayaan untuk mengalami masa kehamilan, karena tidak sedikit perempuan yang Allah mengujinya dengan kehamilan.

Karena ini kehamilan aku yang pertama, jadi banyak sekali hal yang belum aku ketahui lebih tentang kehamilan.

Nah yang akan aku ceritakan pada tulisan kali ini yaitu tentang keluhan-keluhan yang dirasakan selama kehamilan.



1.       Moody


Pada trisemester pertama, hal yang paling aku rasakan yaitu mood yang berubah-ubah, memang ketika tidak hamilpun mood kita sering berubah.
Namun mood yang aku rasakan terlalu berlebihan, misalnya kalau lagi cemburu, cemburunya pake banget sampe marah-marah tanpa sebab ke suami sampai aku berani ngerusakin barang karena saking marahnya p*astagfirullah*

Pernah juga sekali waktu suami menegur aku padahal nada nya biasa saja tapi aku langsung ngerasa kalau suami itu sedang marah pake banget sama aku jadi aku langsung menangis sejadi-jadinya sampai suami merasa kebingungan harus berbuat apalagi,
Untungnya suamiku sangat penyabar, sampai akhirnya aku searching di internet dan baca-baca buku tentang kehamilan, nah ternyata moody berat ini bisa dikatakan stress dan kecemasan berlebih yang merupakan salah satu gejala dari morning sickness.

Untuk mengatasinya coba lakukan relaksasi, perbanyak istirahat, membaca / melakukan kegiatan yang kamu sukai sehingga kamu merasa senang, dan  ciptakan pikiran positif bahwa hamil itu menyenangkan
2.       Mudah lelah

Karena sejatinya tubuh sedang mempersiapkan untuk mendukung proses kehamilan, maka sangat wajar jika tubuh kita dirasa mudah lelah, karena pada prosesnya jantung akan memompa lebih kuat dan cepat dari biasanya.

Solusinya, karena perasaan mudah lelah ketika kehamilan tidak akan bisa dihindari, maka kita sebaiknya mengatur pola makan dan menjaga kesehatan tubuh kita dan lakukanlah istirahat sebanyak mungkin. 

3.       Tidak percaya diri

Semakin hari pastinya tubuh kita akan terus berubah nah aku mulai tidak percaya diri ketika usia kehamilan semakin bertambah, berat badan pun pastinya bertambah juga sehingga pipi semakin chuby, perut semakin membesar dan bisa dibilang kita hampir sama kayak badut..hehe..

Solusi untuk mengatasi rasa tidak percaya diri itu, aku sering mengajak ngobrol suami, yang intinya berterus terang tentang apa yang aku rasakan saat ini, misalnya aku meminta maaf kalau aku tidak cantik lagi seperti dulu ketika hamil, dengan berkata seperti itu, suami pun akan mengerti bahkan bisa jadi dia mendukung kita dengan memberikan pujian-pujian yang bisa membuat kita tetap percaya diri.hehe

Jika dirasa kita tidak berani berterus terang kepada suami dengan alasan malu atau selain itu, maka kita bisa menuliskan keluahan-keluhan yang kita rasakan di buku diary dan biarkan suami membacanya ketika kita tidak ada..(pasti orangnya pemalu banget)

4.       Posisi bayi sungsang


Waktu itu aku pernah di USG ketika usia kandungan 22 minggu, nah ketika di USG ternyata posisi janin saat itu sedang sungsang , aku rasa itu hal-hal yang wajar karena usia kandungan aku yang masih kecil dan nantinya bisa berubah, tapi dokternya mengeluarkan kata-kata yang menjudge seolah-olah bayiku tidak akan berubah lagi posisinya. Jadi kapok deh USG kesitu..hehe

Solusi untuk mengatasi bayi sungsang, ketika itu dokternya langsung menyarankan untuk memperbanayak gerakan sujud, minimalnya 5 atau 10 menit dan sebelumnya perutnya di olesi dpake minyak zaitun sambil dibacain sholawat nabi.




9 komentar:

  1. Aww tteh.. knpa jd ayu yg pegang perut ya bca tulisan tteh hihii
    semoga bisa disegerakan menikah dan bisa sgera ngerasaim tnda tanda seru yg tth tulis yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga nanti pas udah nikah..bisa langsung hamil juga..aamiin

      Hapus
  2. Hihii.. selalu seru ya mba cerita tentang kehamilan.. semoga sehat selalu ya mba sama utunnya juga... :*

    BalasHapus
  3. Hehheh jadi gitu ya keluhan keluhan saat hamil, makasih sharingnya teh, buat diingat kalo suatu hari hamil :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya teh..dan pastinya beda-beda lagi keluhan pada setiap orangnya..nanti juga teh tiwi harus ceritain keluhannya pas hamil..nanti kita bandingkan..ada yang sama gak ya..hehe

      Hapus
  4. teh mila...mungkin teh mila udah dapat advice dari orang sekeliling, tapi aku coba tulis disini juga ya gpp? hehe

    masalah berat badan, gapapa teh, insyaAllah nanti juga seperti semula, kuncinya dengan kita ngasih ASI. trus udah bagus teh, jangan usg ke situ lagi..cari dokter atau bidan yang ngasih sugesti positive ke kitanya.

    happy always ya teh.

    untuk happy always, aku sampe ujug-ujug nyubit paksu keras-keras, hanya demi akunya puas...ga tau kenapa..wkwkwk

    BalasHapus
  5. Bawaan hormon kali ya jd super sensitif n moodyan. Hmm dinikmati aja teh setiap prosesnya

    BalasHapus
  6. Wah lucu banget teh pengalamannya, jadi penasaran klo aku hamil gimana hihi. Lancar ya Teh Milaaa :)

    BalasHapus
  7. Jadi inget pengalaman hamil pertama, bau masakan pengen muntah, apalagi kayak bakso dan bawang goreng langsung jakpot. Hehe .. alhamdulilah yang kedu makan apa aja bisa

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, Ambil yang baiknya dan abaikan yang tidak baiknya :)
Dan silahkan berikan komentar yang baik dan positif ya sebagai bahan perbaikan. :)

Review "Purbasari Lulur Putih"

Cover Merk Purbasari Lulur Putih Assalamualaikum !! Apa kabarnya hari ini? Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan...